logo blog

Kekurangan Unit Link dan Apa yang Mesti Kita Lakukan?

Kekurangan Unit Link dan Apa yang Mesti Kita Lakukan?

Artikel dan Info Asuransi - Semua produk asuransi tentu akan memberikan manfaat bagi si pemegang polis, termasuk juga untuk produk asuransi unit link menjanjikan kemudahan dan keuntungan, namun bukan berarti tanpa resiko. Layaknya semua investasi dalam hal apapun, selalu ada resikonya. Sangat penting untuk memahami resiko sehingga Anda selalu siap jika suatu saat investasi Anda tidak menguntungkan. Di bawah ini akan dibahas secara singkat mengenai resiko yang mungkin Anda hadapi dan apa yang sebaiknya kita lakukan.

Penurunan Nilai Investasi


Proteksi dan investasi adalah dua hal yang ditawarkan oleh produk asuransi ini. Tidak heran, banyak sekali orang yang tertarik dengan asuransi ini. Namun, tidak semua berjalan sesuai rencana, ada kalanya Anda harus menghadapi kemungkinan adanya penurunan nilai investasi.

Kekurangan Produk Asuransi Unit Link


Hal ini akan menyebabkan nilai polis tidak mencukupi untuk membayar semua biaya. Agar proteksi asuransi tidak terhenti, karena ketiadaan polis yang cukup, maka kita harus membayar top up atau penambahan dana. Bayangkan ketika Anda memiliki banyak pengeluaran dan nilai investasi Anda menurun. Maka, semakin banyak pengeluaran yang harus Anda hadapi.

Sulit Melacak Dana


Meskipun banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dari unit link, bukan berarti tidak ada kekurangan dari asuransi unit link. Sebagai konsumen, kita seharusnya tau kemana dana kita diinvestasikan dan biaya apa saja yang harus kita bayar karena kita memilih investasi tersebut. Tidak seperti reksadana, produk asuransi ini tidak memungkinkan bagi pemegang polis untuk melacak dana. 

Selain itu, ketika mengalami kesulitan keuangan, ada kalanya kita berpikir untuk mengentikan investasi kita. Namun, produk asuransi ini tidak memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin investasinya dihentikan.

Apa Yang Harus Kita Lakukan?


Meskipun selalu ada kelemahan dalam sistem, keuntungan asuransi unit link tetap ada. Sudah banyak yang merasakan manfaat dari produk asuransi ini. Tidak seperti asuransi tradisional yang hanya memberikan proteksi tanpa investasi, tentu produk ini memberikan keuntungan bagi pemegang polis. Ini sangat berbeda dengan asuransi tradisional yang hanya tidak memberikan keuntungan investasi kepada pemegang polis.

Maka, sebelum Anda memang ingin membeli produk asuransi ini, pikirkan baik-baik. Seringkali, yang diceritakan agen kurang komprehensif. Galilah sebanyak mungkin informasi sebelum membeli unit link.

Bagikan Artikel ini:

your comments
Copyright © 2016. Artikel dan Info Asuransi di Indonesia - All Rights Reserved